Road to Milad Perak, BMT Fastabiq Luncurkan 3 Program Unggulan

 

Pembukaan rangkaian acara milad perak yang ke-25, Baitul Maal Wat Tamwil Fastabiq (BMT Fastabiq) meluncurkan tiga program yaitu Kampung Zakat Keluarga Utama, Beasiswa Flash, Logo Milad Perak di Balai Desa Tondomulyo, Kecamatan Jakenan, Kabuten Pati. Senin, (20/6)

Turut hadir dalam acara tersebut, Ketua Badan Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Pati Imam Zakari, Direktur Program Lembaga Amil Zakat & Sedekah Membangun Keluarga Utama (LAZIS MKU) Pusat Arif Yulianto, Camat Kecamatan Jakenan Yogo Wibowo, Kapolsek Kecamatan Jakenan IPTU Suwarno, Kapten Czi Sutono Danramil Jakenan, dan Kepala Desa Tondomulyo Nur Yahya.

Dalam sambutannya, Ketua Pengurus Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah (KSPPS) Fastabiq Khoiro Ummah, Muhammad Ridwan menyampaikan pesan yang terdapat dalam milad yang ke-25.

Menurutnya, angka dua bermakna keyakinan dan lima berarti core purpose BMT Fastabiq, “yaitu zakat menghantarkan kita ke surga, keburukan harus ditutup dengan kebaikan, membangun program diberbagai bidang, Fastabiq sebagai lembaga dakwah bukan bisnis, dan memberikan solusi untuk semua umat,” terangnya.

“Makna angka 25 yaitu dua berarti keyakinan kita, dan lima berarti kampung zakat yang mengantarkan kita ke surga, saya ingat pesan nabi kita semua setara, baik yang menerima atau memberi. Setiap ada keburukan harus di tutup dengan kebaikan. Membangun program, pemberdayaan masjid, pendidikan dan lain-lain. Fastabiq adalah lembaga dakwah bukan lembaga bisnis. Dan sebagai core purpose hadir untuk memberikan solusi untuk semua umat,” sambungnya.

Ridwan menyampaikan, di usia yang ke-25 BMT Fastabiq Desa Tondomulyo terpilih sebagai tempat pelaksanaan pembukaan rangakaian acara milad BMT Fastabiq. Dalam kegiatan tersebut, Ridwan meluncurkan tiga program yaitu Kampung Zakat Keluarga Utama, Beasiswa Flash dan Logo Milad Perak.

“BMT fastabiq sudah berusia 25 tahun dengan tema memperluas manfaat. Hari ini dari 6 desa yang dicanangkan secara nasional, Pati mendapatkan 1 yaitu di Tondomulyo, Dengan agenda 3 launching Kampung Zakat Keluarga Utama, Beasiswa Flash, Logo Milad Perak,” katanya.

Lebih lanjut, program kedua yang diluncurkan dalam acara tersebut yaitu Zakat Keluarga Utama. Program tersebut merupakan salah satu bentuk kerjasama antara Kemenag dan LAZ MKU dengan tujuan untuk memberdayakan masyarakat.

Selain itu, Program Kampung Zakat tersebut juga menggandeng pemangku kepentingan terkait untuk menciptakan berbagai program lain seperti pemberdayaan ekonomi, pendidikan, sosial.

“Zakat Keluarga Utama bekerjasama dengan Kemenag dengan LAZ MKU. BMT Fastabiq menjadi salah satu unit layanan LAZ MKU kampung zakat ini nanti akan banyak program turunan, pemberdayaan ekonomi, pendidikan, sosial. Tujuannya memberdayakan masyarakat dengan melibatkan stakeholder, penggerak PKK, Kemenag, sifatnya kolaborasi,” ungkap Ridwan.

Baca Juga:   Masuk Surga Karena Menyingkirkan Gangguan di Jalan

Ketua Pengurus KSPPS Fastabiq tersebut menambahkan, program ketiga yaitu Beasiswa Flash. Program tersebut ditujukan pada siswa yang berasal dari keluarga tidak mampu namun mempunyai prestasi bagus.

Disamping memberikan bantuan dalam bentuk uang, beasiswa tersebut juga memberikan keahlian khusus bagi siswa. Dengan begitu siswa akan dibekali dengan skill yang dapat menunjang proses belajarnya.

“Beasiswa Flash salah satu program dari LAZ MKU dengan Baitul mal BMT Fastabiq. Kita memilih pelajar yang berprestasi tapi terkendala ekonomi. Beasiswa ini bukan hanya uang saku selama satu tahun, tapi setiap munggu ada pembinaan skill sesuai skillnya,” kata Ridwan.

Program di bidang pendidikan selain beasiswa dalam acara milad yaitu pengurukan tanah di Sekolah Dasar Negeri Tondomulyo yang menjadi langganan banjir. Pengurukan tanah tersebut menghabiskan tanah sebanyak 25 kabin truk.

“Pengurukan tanah sejumlah 25 truk dilakukan di sekolah dasar Tondomulyo, agar tidak tergenang air saat banjir,” tuturnya.

Pada puncak acara milad yang ke-25 tersebut, akan diselenggarakan berbagai kegiatan mulai dari bulan Juli sampai November 2023.

“Hari ini milad puncaknya di bulan November bulan 2023, kita akan ada rangkaian acara mulai bulan Juli, hari ini adalah pembukaan rangakaian milad. Rangkaiannya setiap bulan akan ada kegiatan, mulai seminar kewirausahaan, pelatihan manajemen usaha, pemberian modal usaha untuk Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), lomba-lomba bazar di puncaknya,” ucap Ridwan,” ungkapnya.

Ridwan berharap dengan adanya tiga program tersebut, BMT Fastabiq dapat hadir di masyarakat untuk memberikan sebuah solusi.

“Sebagai lembaga dakwah berfokus pada syariah, dapat memberi solusi bagi masyarakat,” harap Ridwan.

Disisi lain, Kepala Desa Tondomulyo, Yahya menyampaikan masyarakat sangat mendukung dengan adanya acara yang dilaksanakan oleh BMT Fastabiq. Hal tersebut dibuktikan dengan hadirnya ibu-ibu PKK dan BPD.

Selain itu warga juga bisa ikut andil dalam acara tersebut, karena merekalah yang mendapatkan manfaatnya.

“Masyarakat sendiri sangat tertarik dengan kegiatan ini, dapat dilihat dengan kelembagaan hadir, PKK, BPD juga hadir. Karena program ini mengikutsertakan warga,” pungkas Yahya.



Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.