BANYAK sekali kita temukan berbagai macam permasalahan kehidupan. Baik itu yang nampak jelas terlihat, maupun yang tidak kita rasakan namun nyata adanya dan membahayakan kekokohan umat Islam. Ya, kini Islam semakin renggang karena adanya hasutan-hasutan yang melunturkan keimanannya. Bahkan, ada pula orang-orang yang ragu terhadap perintah dan larangan Allah SWT. Hingga, mereka memutuskan untuk tidak lagi patuh pada ketetapan Allah SWT.
Inilah zaman yang kian hari kian bubruk. Tanda akhir zaman satu per satu mulai bermunculan. Termasuk pergeseran kekuatan umat Muslim pun kini mulai terasa. Inilah salah satu tanda akhir zaman. Apakah benar ini pertanda kiamat semakin dekat?
Bukhari dan Muslim meriwayatkan dari hadis Az-Zuhri, dari Urwah, dari Usamah bin Zaid, ia berkata, “Nabi SAW naik ke salah satu tembok Madinah, lalu bertanya, ‘Apakah kalian melihat apa yang aku lihat?’ Para sahabat menjawab, ‘Tidak.’ Beliau berkata, ‘Sungguh, aku melihat berbagai macam fitnah terjadi di sela rumah-rumah kalian seperti turunnya hujan’.”
Al-Bukhari meriwayatkan dari hadis Az-Zuhri, dari Sa’id, dari Abu Hurairah, dari Nabi SAW bersabda, “Zaman kian dekat, ilmu berkurang, sifat kikir diturunkan, fitnah-fitnah muncul dan banyak haraj.”
Para sahabat bertanya, “Apa itu al-haraj wahai Rasulullah?”
Beliau menjawab, “Pembunuhan, pembunuhan.”
Al-Bukhari juga meriwayatkan hadis ini dari Az-Zuhri, dari Hamid, dari Abu Hurairah. Selanjutnya meriwayatkan hadis ini dari A’msy, dari Sufyan, dari Abdullah bin Mas’ud dan Abu Musa.
Baca Juga:   KOALISI


Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.