MENGHAFAL AL-QUR’AN MULAI DARI YANG GAMPANG DULU

 

Banyak orang bertanya kalau hendak menghafal AlQuran harus mulai dari mana? Dari bawahkah atau dari atas? Dari juz 30 atau dari zuz pertama?  Harus urut atau boleh lompat-lompat? Dan banyak lagi pertanyaan serupa.

Saya sarankan mereka yang hendak mulai menghafal Alquran hendaknya mereka mulai dari yang gampang!

Kalau masih nggak tahu juga mana yang gampang, saya sarankan mereka cari surat-surat yang mereka suka dan terdiri ayat-ayat pendek. Misal surat yang favorit adalah Ar Rahman, Yasin, Al Waqiah, An Naba, dan lain-lain.

Saya sarankan mulailah dari sini, yaitu surat-surat favorit dan ayat-ayatnya pun pendek. Biasanya satu ayat terdiri dari satu tiga kata yang mudah untuk didengar dan hafalkan.

Perhatikan dalam surat Ar Rahman dari ayat 1 sampai 5
Ar Rahman = 1 kata

‘Allamal Quraan = 2 kata

Kholaqol insaan = 2 kata

‘Allamahul bayaan = 2 kata

Baca Juga:   SELAMAT MILAD ‘AISYIYAH KE 104

Asyamsu walqomaru bihusbaan = 3 kata

Demikian juga surat Yasin, Al Waqiah, An Naba dan lain-lain. Berlatihlah dengan surat-surat favorit ini bersama keluarga Anda. Jangan lupa hafalkan dengan maknanya agar mudah diresapi dan sekaligus gampang diamalkan.

Meski satu ayat sehari tak masalah. Hal terpenting yang patut Anda jaga bersama keluarga adalah ‘KOMITMEN WAKTU’ untuk menghafal, meskipun hanya 15 menit sehari!

Perhitungan saya, jika 15 menit sehari meski Anda dan keluarga adalah pemula, maka insya Allah dalam durasi itu Anda bisa hafalkan 3 ayat berikut makna.

Dan sebutlah surat An Naba 40 ayat yang Anda pilih bersama keluarga untuk dihafalkan. Insya Allah dalam tempo kurang dari 2 pekan Anda sekeluarga dimudahkan Allah untuk hafal 40 ayat An Naba berikut makna dan dengan cara yang mudah serta menyenangkan.

Ayo jangan banyak mikir lagi, mulai deh menghafal Alquran bersama keluarga tersayang!



Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.