Oleh : dr. Aldila S Al-Arfah, MMR.
Direktur RSU Fastabiq Sehat PKU Muhammadiyah Pati

Salah satu pesan kesehatan yang paling kita ingat adalah “4 Sehat 5 Sempurna”, pesan ini begitu masyhur, selain karena mudah diingat pesan tersebut juga begitu ekat dengan kehidupan sehari-hari kita. Namun kini, seiring dengan perubahan zaman, berkembanganya ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang gizi/ pangan, pesan “4 Sehat 5 Sempurna” tak lagi relevan dan berubah menjadi “13 Pesan Dasar Gizi Seimbang”.

Tiga belas pesan dasar gizi seimbang memiliki panduan bernama ”Pedoman Gizi Seimbang (PGS)”. Menurut Direktorat Bina Gizi dan Kesehatan Ibu & Anak, pedoman gizi seimbang tahun 2014 terdiri atas 4 pilar utama sebagai berikut :

  1. Mengonsumsi makanan beragam, tidak ada satupun jenis makanan yang mengandung semua jenis zat gizi yang dibutuhkan tubuh untuk menjamin pertumbuhan dan mempertahankan kesehatannya, kecuali Air Susu Ibu (ASI) untuk bayi baru lahir sampai berusia 6 bulan.
  2. Membiasakan perilaku hidup bersih, perilaku hidup bersih sangat terkait dengan prinsip Gizi Seimbang.
  3. Melakukan aktivitas fisik, untuk menyeimbangkan antara pengeluaran energi dan pemasukan zat gizi kedalam tubuh.
  4. Mempertahankan dan memantau Berat Badan (BB) dalam batas normal. Memantauan BB normal merupakan hal yang harus menjadi bagian dari ‘Pola Hidup’ dengan ‘Gizi Seimbang’, sehingga dapat mencegah penyimpangan BB dari BB normal, dan apabila terjadi penyimpangan maka dapat segera dilakukan langkah-langkah pencegahan dan penanganannya.

(fs)