Assalamualaikum Sahabat Fastabiq 😇

Memang benar memiliki banyak teman merupakan hal yang menggembirakan. Namun, tak semuanya dapat membawa ke arah yang lebih baik, karena ada beberapa yang justru merugikan.

Oleh sebab itu, yang perlu kita perhatikan dan memberi porsi khusus didalamnya adalah memperhatikan siapa yang akan menjadi teman kita.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

الْمَرْءُ عَلَى دِينِ خَلِيلِهِ فَلْيَنْظُرْ أَحَدُكُمْ مَنْ يُخَالِلُ

“Seseorang akan mencocoki kebiasaan teman karibnya. Oleh karenanya, perhatikanlah siapa yang akan menjadi teman karib kalian”. (HR. Abu Daud no. 4833, Tirmidzi no. 2378, Ahmad 2: 344, dari Abu Hurairah. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini hasan. Lihat Shohihul Jaami’ 3545).

Baca Juga:   Menunda Bayar Utang padahal Mampu adalah Kedzaliman

Dari sabdanya, Rasulullah menyarankan umat Muslim pintar memilih teman, karena mereka dapat memiliki pengaruh besar dalam pembentukan pemikiran dan perasaan kita. Selain itu, Nabi juga berpesan bila seseorang ingin sukses maka bergaullah dengan orang yang berkualitas.

Jika dilihat, kebanyakkan orang-orang sukses akan lebih dekat atau nyaman bergaul dengan mereka yang memiliki kebiasaan positif dan memprioritaskan diri untuk meraih keberhasilan. Berbeda dengan mereka yang cenderung tidak memiliki semangat saing, akan lebih suka bergabung dengan orang yang belum jelas tujuan hidupnya.

Nasihat bagi kita bersama, carilah teman yang selalu mengingatkan kita kepada kebaikan.🥰

#islamquotes⁣⁣⁣⁣ #motifasi⁣⁣⁣⁣ #islami #MakinSyariah⁣⁣⁣⁣⁣ #MakinBerkah⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣ #bmthits⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣ ⁣⁣⁣⁣⁣⁣#bmtfastabiq ⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣#syariah #ekonomi ⁣⁣⁣#patihits⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣ #patiem⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣ #patikekinian⁣⁣⁣⁣⁣⁣ #bestoftheday



Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.