Setiap lembaga pasti memiliki budaya khas, budaya berperan penting dalam pengembangan organisasi dan pengambilan kebijakan. Tak hanya sebatas pengertiannya saja, kata budaya perlu dilihat dari berbagai aspek sehingga dipahami betul bagaimana perannya dalam struktur organisasi dan fungsinya dalam kinerja perusahaan.

Budaya secara umum diartikan sebagai kumpulan nilai, gagasan, sikap dan simbol lain yang kompleks dan bermakna yang melayani manusia untuk berkomunikasi, membuat tafsiran dan mengevaluasi sebagai anggota masyarakat.

Di Fastabiq, kami memiliki lima budaya yang menjadi ciri khas di lembaga ini:

Syari’ah

FASTABIQ adalah lembaga Dakwah, Kami adalah pribadi Da’i dibidang ekonomi syari’ah, Kami melakukan segala sesuatu dengan ikhlas karena Allah SWT dan dengan cara yang sesuai dengan syari’at-Nya. Kami berkomitmen untuk menjadikan Al-Qur’an dan As-Sunnah sebagai standar perilaku sekaligus standar etis bisnis Kami.

Integritas


Kami adalah pribadi dan lembaga yang dapat dipercaya, jujur, bertanggung jawab dan berdisiplin tinggi dalam menjaga amanah yang diberikan kepada kami. Kami senantiasa berupaya dalam batas kemampuan kami untuk dapat berkinerja tinggi, memberikan apa yang kami janjikan dan konsisten antara apa yang kami dakwahkan dengan apa yang kami amalkan.

Peduli


Kami berupaya untuk mendengar dan memahami kebutuhan umat, peduli terhadap persoalan mereka dan senantiasa mengupayakan solusi terbaik untuk mereka, karena bagi kami mereka adalah keluarga yang kebahagiaannya menjadi kebahagiaan kami.

Kebersamaan

Kami punya pandangan yang sama tentang makna pekerjaan ini bagi kami. Pekerjaan kami adalah jalan dakwah yang akan mengantarkan kami dan umat kepada keberlimpahan di dunia dan juga kebahagiaan di akhirat. Oleh karena itu, kami menjalani pekerjaan ini dengan penuh antusiasme dalam semangat keterbukaan dan kebersamaan karena hanya dengan inilah kami menjadi lebih kuat.

Inovatif

Mencurahkan segala daya upaya untuk melahirkan inovasi dan kreatifitas adalah satu-satunya cara yang dapat kami lakukan guna menghadirkan kualitas pekerjaan sesuai harapan umat dan tetap berjaya ditengah perubahan yang terus terjadi. (Redaksi Fastabiq)