Menabung adalah kebiasaan positif yang wajib ditanamkan sejak anak usia dini. Hal ini menjadi tugas tersendiri bagi orang tua untuk mengajarkan anak – anak kita gemar menabung.

Pembiasaan menabung sejak dini tentu akan berdampak positif kelak hingga ia dewasa, lalu bagaimana cara sederhana agar anak gemar menabung?

1. Sisihkan Uang Jajan

Ajak anak perlahan – lahan menyisihkan uang jajannya untuk menabung, bisa satu minggu sekali atau kalau sudah biasa tiap hari malah lebih bagus. Beri penjelasan kepada anak anda, bahwa uang tersebut ditabung untuk membeli kebutuhannya, seperti membeli buku atau pensil.

2. Beri Celengan Lucu

Anak – anak tentu senang jika diberi mainan lucu, nah belikanlah anak anda celengan dengan bentuk mainan yang disukainya.

Baca Juga:   Kajian Fikih Ibadah, Pemahaman Operasional Shalat Jum’at

3. Ajak Anak ke BMT Fastabiq

Ajak anak anda ke Kantor BMT Fastabiq yang tersebar di 24 cabang di Jawa Tengah. Jika anak anda sudah mulai gemar mengisi celengannya, kemudian ajaklah ia untuk menabung di BMT Fastabiq.

4. Berikan Teladan

Bagaimanapun juga, anak akan meniru perilaku orang tua. Berikanlah ia teladan untuk menabung sedini mungkin.

5. Beri penjelasan Manfaat Menabung

Memberi penjelasan memang butuh kesabaran, beri penjelasan sederhana manfaat menabung dapat mewujudkan apa yang dicita – citakannya kelak.

6. Beri Pemahaman tentang Uang

Dengan memberikan penjalasan sederhana tentang fungsi uang, sedikit demi sedikit akan menumbuhkan keinginan anak untuk gemar menabung.

(FastMagz)