Zuhud, Life Style di Masa Pandemi

Masa pandemi seperti ini, yang ditambah dengan resesi ekonomi, banyak kalangan yang menyarankan untuk memilah-milah belanja dan pengeluaran. Utamakan belanja pokok, kurangi bahkan hapus pengeluaran sekunder dan tersier. Mulai bercocok tanam di halaman rumah, dan seterusnya. Yang mana kesemua itu dapat terangkum dalam satu kata; zuhud, dengan segala makna yang terkandung di dalamnya. *Karena berapapun gaji dan pendapatan kita, besar atau kecil, hidup sederhana adalah hidup yang sebenarnya.*

Ttg zuhud, terdapat satu hadis Nabi yg berbunyi:
عن أَبِي الْعَبَّاسِ سَهْلٍ بْنِ سَعْدٍ السَّاعِدِي رضي الله عنه قَالَ: جَاءَ رَجُلٌ إِلىَ النَّبِيّ صَلىَّ اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ: يَا رَسُوْلَ اللهِ، دُلَّنِيْ عَلَى عَمَلٍ إِذَا عَمِلْتُهُ أّحَبَّنِي اللهُ وَأَحَبَّنِي النَّاسُ، فَقَالَ: ((اِزْهَدْ فِي الدُّنْيَا يُحِبُّكَ اللهُ، وَازْهَدْ فِيْمَا عِنْدَ النَّاسِ يُحِبُّكَ النَّاسُ))

“Dari Abul Abbas Sahl bin Sa’ad al-Saidi ra. berkata: seseorang datang kepada Rasulullah Saw. bertanya: Wahai Rasulullah, tunjukanlah saya satu amalan yg jika saya kerjakan, maka Allah akan mencintaiku, juga manusia akan mencintaiku. Rasul bersabda: zuhud lah di dunia, maka Allah akan mencintaimu. Dan zuhud lah dari apa yg dimiliki manusia, maka manusia akan mencintaimu” (HR. Ibnu Majah)

Menurut Ibnu Hajar al-Haitami, dalam bukunya al-Fath al-Mubîn bi Syarh al-Arba’in, bahwa zuhud secara bahasa berarti: menjauh dari sesuatu karena tidak suka dan menghinakannya. Adapun secara syariat adalah memakai harta yg benar-benar halal utk digunakan dalam kebutuhan primer.

Maka jika bukan dari harta yg benar-benar diyakini kehalalannya, walaupun digunakan hanya utk kebutuhan primer saja, belum bisa dikatakan zuhud. Dan jika sumber hartanya sdh diyakini betul kehalalannya, tapi menggunakannya sampai melebihi kebutuhan primer, maka belum juga disebut zuhud.

Mari kita latih diri dan keluarga utk hidup zuhud, dimulai pada masa pandemi ini, dan berlanjut hingga nanti kembali normal.

#makinsyariah
#makinberkah

BMT Fastabiq

Share
Published by
BMT Fastabiq

Recent Posts

Taubat yuk, Sebelum Terlambat

Assalamualaikum Sahabat Fastabiq💕 Sesungguhnya kematian merupakan misteri bagi manusia. Tak seorangpun yang tahu kapan datangnya.…

4 minggu ago

Meski Pandemi, Usaha Pak Faizun Justru Berkembang

Pak Faizun Suhandoyo memulai usaha perakitan komponen elektronik sejak tahun 2007 di Desa Tayu Wetan…

4 minggu ago

Produk Rekomendasi Yamaha Lexi

Assalamu'alaikum Sahabat Fastabiq 💞 Perlu kendaraan yang aman dan nyaman untuk beraktivitas? Pengen beli tapi…

4 minggu ago

Jangan Berhenti Jadi Orang Baik

Assalamualaikum Sahabat Fastabiq💕💕 Imam Muslim meriwayatkan dalam kitab Shahih-nya, hadits dari sahabat Uqbah bin ‘Amr…

1 bulan ago

Butuh Dana untuk Kebutuhan Mendesak? Gadai Emas Solusinya.

Assalamualaikum Sahabat Fastabiq💕⁣ ⁣ Butuh dana untuk kebutuhan mendesak? Perlu dana instan u kebutuhan bisnis?…

1 bulan ago

Produk Rekomendasi Toyota Innova

Assalamu'alaikum Sahabat Fastbiq 💕 Lagi cari kendaraan untuk temen beraktifitas? Untuk temen berangkat kerja, nganterin…

1 bulan ago