Assalamualaikum Sahabat Fastabiq ๐Ÿ’•

Doa merupakan cara manusia meminta segala sesuatu kepada Allah. Dengan berdoa yang khusyu dan tulus Allah akan mengabulkan permintaan hambanya sampai waktu itu tiba.

Ada tiga doa yang mustajab:

1. Doa orang tua

Doa orang tua memang paling mustajab. Setiap ucapan mereka adalah doa. Sehingga semua doa yang dipanjatkan oleh orang tua pasti akan dikabulkan oleh Allah, entah itu baik maupun buruk. Maka berbaktilah kepada mereka agar senantiasa mendapat ridha dan doa terbaiknya.

2. Doa orang yang bepergian (Musafir)

Dalam perjalanan musafir menanggung berbagai kesulitan. Maka hanya orang-orang tertentu yang mampu melewati kesulitan tersebut. Dengan begitu doa orang musafir pun mudah diterima Allah.

Baca Juga:   Selamat Hari Jadi Pati Ke-697

3. Doa orang yang dizalimi

Allah SWT tak pernah menolak doa orang yang teraniaya (dizalimi). Biasanya orang teraniaya yang diperlakukan secara tidak adil. Baik itu secara verbal maupun non verbal.

Berikut ini hadist yang menerangkan tiga macam doa yang tak pernah ditolak,

ุซูŽู„ุงูŽุซู ุฏูŽุนูŽูˆูŽุงุชู ูŠูุณู’ุชูŽุฌูŽุงุจู ู„ูŽู‡ูู†ู‘ูŽ ู„ุงูŽ ุดูŽูƒู‘ูŽ ูููŠู‡ูู†ู‘ูŽ ุฏูŽุนู’ูˆูŽุฉู ุงู„ู’ู…ูŽุธู’ู„ููˆู…ู ูˆูŽุฏูŽุนู’ูˆูŽุฉู ุงู„ู’ู…ูุณูŽุงููุฑู ูˆูŽุฏูŽุนู’ูˆูŽุฉู ุงู„ู’ูˆูŽุงู„ูุฏู ู„ููˆูŽู„ูŽุฏูู‡ู

โ€œTiga doa yang mustajab yang tidak diragukan lagi yaitu doa orang yang dizholimi, doa orang yang bepergian (safar) dan doa baik orang tua pada anaknya.โ€ (HR. Ibnu Majah no. 3862. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini hasan).



Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.