Assalamualaikum Sahabat Fastabiq💕😇

Silahturahmi Lapangankan Rezeki

Rasulullah bersabda;

“Siapa yang ingin rezekinya diperluas dan umurnya panjang, maka hendaklah ia bersilaturahmi,”(HR Bukhari).

Terkait hadist diatas mengenai panjang dan pendeknya usia seorang manusia, ada sebuah kisah yang mungkin bisa memperjelas makna hadis tentang hubungan silaturahim dengan usia dan rezeki ini.

Suatu ketika, seorang penguasa dinasti Bani Abbasiyah bertanya pada seorang kakek yang mukanya terlihat selalu berseri-seri.

“Berapakah umur kakek?” tanya sang penguasa.

“Sepuluh tahun,” jawab sang kakek.

“Jangan berolok-olok!” sergah sang penguasa dengan nada marah.

“Benar tuan, umurku baru sepuluh tahun. Enam puluh tahun dari usiaku, kuhabiskan dalam dosa dan pelanggaran. Baru sepuluh tahun terakhir ini aku mengisi hidupku dengan hal-hal yang memakmurkannya (silahturahmi),” jawab sang kakek tersebut.

Baca Juga:   Yuk Kita Silaturrahim

Dialog tersebut memberi gambaran pada kita bahwa hakikat silaturahim bisa memperpanjang usia dan memperbanyak rezeki. Sesungguhnya berkah (termasuk di dalamnya adalah rezeki) dalam usia merupakan janji Allah atas orang yang menyambung tali silaturahmi.

Maka dari itu, marilah kita berusaha untuk terus menyambung silahturahmi, karna silahturahmi dianjurkan oleh Rasulullah agar dapat memperluas rezeki dan memperpanjang umur hidup semata-mata untuk memperbaiki diri. 😇

#kajianislami #motivasiislam #silahturahmi #lapang #Rezeki #makin_berkah



Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.