Assalamualaikum Sahabat Fastabiq…

Rasulullah SAW bersabda: Riba itu ada 73 pintu (dosa), yang paling ringan yaitu semisal dosa seseorang yang menzinai ibu kandungnya sendiri. Sedangkan riba yang paling besar adalah apabila seseorang melanggar kehormatan saudaranya. (HR. Al Hakim dan Al Baihaqi).

Hadis di atas jelas mengisyaratkan bahwa riba akan menimbulkan kerusakan di masyarakat yang lebih besar daripada kerusakan akibat zina. Ini karena riba sejak dulu hingga kini merupakan alat perbudakan, penindasan, eksploitasi, pemerasan, penghisapan darah dan penjajahan. Semua itu bukan hanya terjadi pada tingkat individu, namun juga terjadi terhadap suatu bangsa, umat dan negara. Hal itu seperti yang dilakukan oleh negara-negara besar (penjajah) kepada negara Dunia Ketiga. Melalui utang dengan sistem riba akhirnya kekayaan negara-negara Dunia Ketiga justru mengalir ke negara besar. Dengan utang itu pula, negara-negara Dunia Ketiga didekte dan dikendalikan demi kepentingan negara-negara besar itu. Apa yang terjadi akibat utang luar negeri terhadap negeri ini merupakan buktinya.

Demikianlah Bagaimana Sistem Riba Merusak Kehidupan Dan Merusak Perekonomian Suatu Bangsa Dan Banyak Dari Umat Islam Yang Tidak Menyadari. Memang Sistem Riba Tidak Langsung Terlihat Dampaknya Atau Secara Individu Tidak Terlalu Terlihat. Akan Tetapi Secara Sistem Akan Merusak Sistem Perekonomian Dan Bisa Meruntuhkan Perekonomian Suatu Bangsa.

Baca Juga:   Sedekah Menjadi Pelindung di Hari Kiamat

#sosial
#quotes⁣⁣
#islamquotes⁣⁣
#motifasi⁣⁣
#quotesmotifasi⁣⁣
#dawuhguru #islami #hadits #sunnah #nasihat⁣⁣
#MakinSyariah⁣⁣⁣
#MakinBerkah⁣⁣⁣⁣⁣
#bmt ⁣⁣⁣
#bmtsyariah⁣⁣⁣⁣
#bmthits⁣⁣⁣⁣⁣⁣
#fastabiq ⁣⁣⁣⁣⁣⁣
#bmtfastabiq ⁣⁣⁣⁣⁣⁣
#instahits ⁣⁣⁣⁣⁣⁣
#like4likes ⁣⁣⁣⁣⁣⁣
#syariah ⁣⁣⁣⁣⁣⁣
#ekonomi ⁣⁣⁣⁣⁣⁣
#pati⁣⁣⁣⁣⁣⁣
#patihits⁣⁣⁣⁣⁣
#patiem⁣⁣⁣⁣⁣⁣
#patikekinian⁣⁣⁣⁣⁣
#koperasi ⁣⁣⁣⁣⁣⁣
#koperasihits ⁣
#koperasimaju