Ngaji Bareng Komunitas Ummida, Kupas Gizi Seimbang Untuk Tumbuh Kembang Buah Hati

BMTFastabiq.co.id – Pati, Bertempat di Halaman Fastabiq Center Pati digelar kegiatan Ngaji Bareng Komunitas UMMIDA (Ummahat Inti Dan Ahwat) Fastabiq dengan mengambil tema “Gizi Seimbang Untuk Tumbuh Kembang Buah Hati”, Ahad, 8 Oktober 2017.

Dalam paparannya, Anik Krisnawati dari RSU Fastabiq Sehat Muhammadiyah Pati menyampaikan apa itu gizi seimbang yang sesuai untuk tumbuh kembang anak.

Anik Krisnawati melanjutkan, gizi seimbang, sebelum tahun 2000-an dikenal dengan Empat Sehat Lima Sempurna, mulai tahun 2013, Pemerintah memperkenalkan nama baru, yakni “Gizi Seimbang”.

“Gizi seimbang adalah, susunan makanan sehari – hari, yang mengandung zat – zat gizi dalam jenis dan jumlah yang sesuai dengan kebutuhan tubuh. Kenapa kebutuhan tubuh? adik yang satu dengan adik yang satunya lagi berbeda sekali kebutuhannya, jadi gizi seimbang itu disyaratkan oleh masing – masing diri kita sendiri, gizi seimbang itu seperti baju, di orang lain bagus belum tentu bagus untuk diri kita sendiri, begitulah gizi seimbang”, imbuhnya.

“Jadi kita harus mengenali diri kita sendiri, dengan memperhatikan prinsip keanekaragaman, variasi makanan, aktifitas fisik, kebersihan dan berat badan. Catatan dari gizi seimbang adalah cukup secara kuantitas dan kualitas, kuantitasnya apa? bagaimana jumlahnya, seperti ikan, berapa gram yang harus kita konsumsi per hari. Yang kedua, mengandung protein, mineral yang diperlukan tubuh untuk tumbuh pada anak – anak untuk menjaga kesehatan dan melakukan aktifitas” ujarnya.

Baca Juga:   Narsisisme dan Ekshibisionisme

Makanan itu bukan hanya untuk membuat perut kenyang, tapi makanan itu adalah nutrisi, mencukupi nutrisi perhari untuk menjaga kesehatan tubuh. Gizi seimbang itu, juga harus menyimpan zat gizi untuk mencukupi kebutuhan tubuh saat konsumsi makanan tidak mengandung zat yang dibutuhkan. Jadi saat kita harusnya membutuhkan energi, tetapi pada saat kondisi tubuh mungkin puasa, itu ada asupan lain yang tersimpan yang akan kita gunakan untuk aktifitas kita sehari – hari.

Untuk anak usia 0 sampai 6 bulan, makanan yang paling sempurna adalah ASI (Air Susu Ibu), bayi tanpa makanan apapun dengan ASI itupun cukup. Dan ASI itu adalah makanan terlengkap di dunia, makanan yang zat gizinya paling komplek dan paling banyak sekali, tidak bisa tertandingi oleh bahan makanan lainnya. (ys)



Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.