Muraqabah Yang Tak Terhalang

لاَ تَتَرَقَّبْ فُرُوْغَ الأَغْيَارِ فَإِنْ ذَلِكَ يَقْطَعُكَ عَنْ وُجُوْدِ المُرَاقَبَةِ لَهُ فِيْمَا هُوَ مُقِيْمُكَ فِيْهِ.

“ Jangan menunggu hingga selesai semua gangguan makhluk, sebab yang demikian itu akan menghalangimu dari muraqabah (mawas diri) kepada-NYA. Padahal Dia menempatkanmu disana.”

Abdullah bin Umar ra pernah berpesan, “Apabila engkau berada diwaktu senja, maka janganlah sampai menunggu tibanya waktu pagi untuk melakukan suatu kebaikan. Demikian pula jika engkau tengah berada di waktu pagi, jangan sampai menunggu tibanya waktu senja untuk melakukan amal kebajikan. Pergunakanlah kesempatan secara bijakdan baik, sebelum kesempitan datang menderamu.”

Pesan Syeih Ibn’ Atha’illah, “ dan diantara keduanya itu, yakni kebaikan dan keburukan (waktu luang dan sempit) terletak ujian Allah Ta’ala di sana.” Sebagaimana Firman-NYA berikut ini,

Baca Juga:   HAJI ADALAH PELUANG

Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan (yang sebenar-benarnya). dan hanya kepada kamilah kamu dikembalikan (Al-Anbiya’ :35)



Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.