Assalamu’alaikum Sahabat Fastabiq 💕

Sesama Muslim Saudara

Jumat, 16 Februari 2024

Dalam kajian Jumat yang diselenggarakan pada tanggal 16 Februari 2024 di Mushola BMT Fastabiq Khoiro Ummah, Ustad Aris Widodo, seorang anggota dewan pengawas syariah di BMT Fastabiq, memberikan pencerahan mengenai awal permulaan dari hidayah, yang dimulai dari fiqih atau etika-etika hati. Dalam pembahasan yang mendalam ini, Ustad Aris Widodo mengajukan pertanyaan klasik tentang apa yang sebenarnya menandai perbedaan antara orang yang cerdas dan orang yang bodoh.

Menurutnya, konsep kecerdasan dalam konteks ini tidak semata-mata terbatas pada kuantitas ilmu yang dimiliki seseorang. Lebih dari itu, kecerdasan dilihat dari sudut pandang perilaku atau etika seseorang. Dalam pandangan Ustad Aris Widodo, orang yang cerdas adalah mereka yang memiliki perilaku dan etika yang baik, yang tercermin dalam tindakan-tindakan sehari-hari mereka.

Ustad Aris Widodo mengajukan suatu pandangan yang menginspirasi bahwa manusia tidak hanya diberi pilihan untuk pasrah dengan takdirnya saja, tetapi juga memiliki kemampuan untuk mengamalkan ilmu dengan ikhlas atau ketulusan hati. Ini mengimplikasikan bahwa kecerdasan sejati adalah ketika seseorang mampu mengarahkan amalannya dengan tujuan yang baik, yaitu untuk mendapatkan keberkahan di akhirat.

Baca Juga:   Pendampingan dan Edukasi oleh Dewan Pengawas BMT Fastabiq

Di sisi lain, Ustad Aris Widodo menjelaskan bahwa orang yang bodoh adalah mereka yang terjebak dalam mengikuti hawa nafsunya tanpa memperhitungkan konsekuensi atau akibat di masa depan. Dalam konteks ini, kebodohan tidak hanya merujuk pada kurangnya pengetahuan, tetapi lebih pada perilaku yang tidak mencerminkan kesadaran akan kebaikan dan keberkahan di akhirat.

Oleh karena itu, dalam kajian tersebut, Ustad Aris Widodo menekankan pentingnya setiap individu untuk mengarahkan perilaku dan amalannya dengan kesadaran akan keikhlasan hati dan tujuan akhir yang diinginkan, yaitu mendapatkan keberkahan di sisi Allah SWT. Dengan demikian, konsep kecerdasan dan kebodohan menjadi lebih jelas dalam konteks nilai-nilai spiritual dan etika yang ditekankan dalam ajaran agama Islam.

 

_____________________________

Kunjungi media sosial kami:
IG: @bmtfastabiq
FB: @bmtfastabiqpati
Youtube: FASTABIQ TV
WA: http://wa.me/6281548524136

#moslem #muslim #quote #quotes #quotesoftheday #quran #hadist #bmtfastabiq #makinsyariah #islam #doa #motivasi #fastabiq #bmt #kurban #pati #rembang #blora #kudus #jepara #demak #jateng #patihits #rembanghits #blorahits #kudushits #jeparahits #demakhits #jatenghits



Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.