Jasa Ibu , Tak Mungkin Bisa Terbalaskan

BEGITU besar jasa seorang ibu. Dan betapa besar pula pahala berbakti kepadanya. Seorang ibu dengan sungguh-sungguh telah berkorban demi kita, anaknya. Sebagai manusia kita tentu paham pengorbanannya itu. Rasulullah SAW. Memberikan perbandingan untuk menunjukan seberapa besar pengorbanan seorang ibu. Ketika ada seorrang sahabatyang merasa telah melakukan pekerjaan yang sangat besar jasanya kepada ibunya, beliau menyatakan itu belum cukup. Kita bisa membayangkan batapa berbaktinya seorang anak yang memelihara ibunya di hari tua.

Ia memberikan makan dan minum, menggendongnya ke sana kemari untuk berbagai keperluan termasuk shalat dan tawaf. Apakah ada zaman skearang anak yang berbuat demikian kepada ibunya. Paling banter seseorang akan menyuruh atau membayar orang lain untuk mengasuh ibunya. Untuk keperluan sehari-harinya ia menyediakan seorang suster untuk merawatnya. Jika ibunya ingin melakukan ibadah thawaf ia cukup membayar kuli tandu untuk melaksanakannya.
Kalau direnungkan, yang langsung anaknya sendiri merawat ibunya saja belum cukup untuk membalaskan jasanya. Apalagi yang cuma membayar orang. Namun demikian, Rasulullah SAW. Memberikan motivasi. Bahwa yang dilakukan seorang anak dalam berbakti kepada orang tuannya, terutama ibu akan diganjat Allah dengan pahala yang besar. Meskipun dibanding jasa ibu, perbuatan anak tersebut belum ada apa-apanya namun pahalanya cukup banyak.

Baca Juga:   MEWASPADAI RIYA

Apabila pahala anakknya yang berbakti kepada orang tua, meskipun sedikit, sudah mendapatkan pahala demikian besar, apalagi dengan pahala sang ibu yang jasanya jauh lebih besar. Seorang ibu yang ikhlas mengandung, melahirkan,memelihara, dan membesakan anaknya akan mendapatkan pahala bakti sang anak. Begitu besar jasa ibu, begitu besar pula pahala yang berbakti kepadanya.



Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.