Assalamu’alaikum Sahabat Fastabiq 💕

Sesama Muslim Saudara

7 Februari 2024

Sowan kiai yang dilaksanakan pada hari Selasa, 07 Februari 2024 berlangsung sangat hikmah, kami berdiskusi dengan Kyai Ali Mukhtarom (Ketua Yayasan Pendidikan Khoiriyah) tentang praktik transaksi di BMT Fastabiq yang benar-benar menggunakan akad syari’ah. Kami menjelaskan semua akad yang kami gunakan yaitu akad Mudharabah untuk simpanan sedangkan untuk pembiayaan menggunakan akad Murabahah, ijarah dan lainnya.
Dalam paparan, kami menjelaskan perbedaan signifikan antara praktik transaksi di BMT Fastabiq dengan lembaga konvensional. Kami menggarisbawahi bahwa di BMT Fastabiq, kami berusaha sekuat tenaga untuk menghindari penggunaan bunga dan biaya administrasi.
Mendengar semua penjelasan tersebut, kiai Mukhtarom sapaannya memberikan respon positif bahwa langkah-langkah yang kami ambil sejalan dengan nilai Islam. Kyai Mukhtarom juga memberikan nasehat bagi kami bahwa perbedaan pandangan di kalangan ulama secara global terkait dengan bunga pinjaman adalah fenomena yang akan terus berkembang sesuai permasalahan zaman. Beliau menyatakan bahwa beberapa ulama bersikap lentur, memberi toleransi pada kebutuhan-kebutuhan tertentu, sementara yang lain memiliki pandangan ketat menganggap bunga pinjaman sebagai riba yang harus dihindari.
Beliau menambahkan, dizaman akhir seperti ini ulama yang ketat dalam memegang prinsip syari’ah Islam sangat dibutuhkan agar masyarakat tidak menyepelekan. Jikalau mau lebih baik, ulama yang seperti ini juga mampu memahami kebutuhan masyarakat modern dengan tanpa mengesampingkan prinsip syariah.
Kegiatan sowan ini menguatkan komitmen DPS BMT Fastabiq untuk terus menyelaraskan praktik bisnisnya dengan nilai-nilai syariah dan mendukung kebutuhan masyarakat secara berkelanjutan.

 

Baca Juga:   Kajian Tafsir Manajemen

_____________________________

Kunjungi media sosial kami:
IG: @bmtfastabiq
FB: @bmtfastabiqpati
Youtube: FASTABIQ TV
WA: http://wa.me/6281548524136

#moslem #muslim #quote #quotes #quotesoftheday #quran #hadist #bmtfastabiq #makinsyariah #islam #doa #motivasi #fastabiq #bmt #kurban #pati #rembang #blora #kudus #jepara #demak #jateng #patihits #rembanghits #blorahits #kudushits #jeparahits #demakhits #jatenghits



Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.