Banyak Koperasi Bermasalah, Bupati Pati Justru Apresiasi Program Arisan KSPPS Fastabiq

Bupati Pati Haryanto memberikan apresiasi pada kegiatan arisan yang diselenggarakan oleh Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah (KSPPS) Fastabiq.

Di tengah banyaknya koperasi yang bermasalah dalam menghimpun dana investasi warga,

Hal itu disampaikan Bupati pada acara Dua Dasawarsa Fastabiq dan Penyerahan Berkah Arisan KSPPS Fastabiq di Pendopo Kabupaten Pati, Sabtu (13/1).

“Saya sangat mengapresiasi keluarga besar Fastabiq atas keberhasilannya menghimpun dana Rp 5 miliar dari masyarakat Pati hingga program arisan ini sukses dibagikan kepada seluruh peserta”, ujar Bupati di hadapan manajemen KSPPS Fastabiq dan 1900 anggota arisan.

Jumlah dana yang tak sedikit tersebut, menurut Haryanto jika dikelola dengan baik akan membawa manfaat yang sangat besar bagi masyarakat khususnya anggota dan warga Kabupaten Pati.

“Apalagi dengan melihat banyaknya hadiah yang diberikan kepada anggota. Ini menjadi gambaran kesuksesan pengelolaan dan juga kepengurusan KSPPS Fastabiq di tengah banyaknya koperasi dan jasa keuangan yang tumbang di Kabupaten Pati “, imbuhnya.

Oleh karna itu, Haryanto berharap agar program arisan tersebut dapat terus dipertahankan dan ditingkatkan, baik dari segi mutu maupun pengelolaannya.

“Apalagi dana yang terhimpun ini juga bisa dimanfaatkan oleh masyarakat Pati guna mengembangkan usahanya”, lanjut Haryanto.

Baca Juga:   LEBIH SEMANGAT DI SEPULUH HARI TERAKHIR

Bila dana masyarakat Pati dapat dihimpun, dimanfaatkan dan diinvestasikan di dalam daerah, tentu saja akan semakin meningkatkan iklim usaha di Bumi Mina Tani. Manfaat pun akan dirasakan kembali oleh warga Pati.

“Bukan malah uangnya diinvestasikan ke luar daerah dan justru menjadi pemasukan bagi daerah lain”, terang Haryanto.

Dalam kesempatan itu, KSPPS Fastabiq juga mengundang para pelaku UMKM yang selama ini dibina oleh Baitul Maal Fastabiq.

Ribuan paket keberkahan dibagikan kepada anggota yang hadir antara lain berupa 2 paket umroh, 2 sepeda motor, 4 kulkas dan ribuah bentuk keberkahan lainnya.

Direktur utama KSPPS Fastabiq, Muhammad Ridwan mengatakan bahwa pembagian berkah arisan ini merupakan event pembuka dari rangkaian kegiatan yang akan dilaksanakan sepanjang tahun oleh KSPPPS Fastabiq dalam rangka Milad Dua Dasa warsa yang puncaknya akan digelar di akhir tahun 2018.

Sementara Sutaji selaku ketua pengurus dalam sambutannya mengatakan bahwa dalam usianya yang telah memasuki 20 tahun KSPPS Fastabiq berkomitmen untuk menjalankan good corporate governance sekaligus memperluas kemanfaatan bagi anggota dengan melakukan inovasi produk, serta meningkatkan pemberdayaan masyarakat. (ys)